Pilih Kost bebas daerah kota

Senin, 14 Desember 2009

Bisnis Kos-kosan Harian

Mungkin selintas ide ini terkesan aneh karena jarang ada yang bikin, namanya juga ide bisa saja datangnya dari hasil melamun…..hmmm….dasar Uda !!!!

Ide ini tercetus melihat prospek kondisi Kota Bandung sebagai tujuan wisata favorit ditanah air, mulai dari kesegaran udaranya, wisata belanjanya yang terkenal dan wisata kulinernya yang menggiurkan, membuat semua orang pengen ke Bandung, mulai dari kalangan berduit, backpacker maupun yang kere sekalipun. sehingga kebutuhan terhadap penginapan murah meriah nan terjangkau oleh kondisi kantong minim seklaipun menjadi suatu keharusan. ditambah lagi ketika Uda browsing2, banyak sekali yang nyari informasi penginapan murah di Bandung, tapi sepertinya Nihil. ga seperti diJakarta dengan jalan jaksanya, ada lagi Jogja dengan kawasan Malioboronya dan Bali dengan Legiannya kita bisa temukan penginapan murah.

Tapi ide disini tepatnya Uda menyebut Kos-kosan harian nan murah meriah, yaitu dengan konsep kos-kosan dengan fasilitas seadanya dan minim service tapi juga tentunya murah meriah sekitar Rp. 45000..(hmm wow..yakin banyak yang nyewa deh, soalnya diBandung rata2 diatas Rp. 100an.)

Uda dengan isengnya sempat juga ngitung2 kelayakan bisnisnya untuk kapasitas 25 Kamar yaitu

1. Investasi awal sebesar Rp. 261 Juta (didalamnya termasuk Sewa tanah 1 Tahun, Bangunan baru, Interior, perangkat pendukung)

2. Operational 1tahun sebesar Rp. 89.2 Juta (didalamnya termasuk Cuci, Penggantian perangkat 20%, Air, Listrik, Gaji pegawai, Promosi, Pajak dan lain2 pertambahan nilai sebesar 20% )

Maka dengan asumsi Occupancy sebesar 100% akan menghasilkan pendapatan Rp. 404,4 Juta /tahun dengan keuntungan bersih Rp. 54, 2 Juta/ tahun, tapi yang menarik kita lihat ditahun kedua setelah investasi bangunan ditiadakan maka:

Ditahun kedua dan seterusnya, dengan asumsi Occupancy 100% akan menghasilkan pendapatan Rp. 404.4 Juta/tahun dan menghasilkan keuntungan bersih Rp. 154, 2 Juta/tahun karena investasi sudah dihitung ditahun pertama (menarik ga..??)

Tapi Uda sangat yakin, kalo dikelola serius Occupancynya bisa diatas 90% deh, jadi angkanya ga jauh2 dari itungan diatas.

Kira-kira siapa Potensial marketnya ya…hmmm??:

1. Backpacker (wisatawan berkantong cekak)

2. Calon Mahasiswa Baru yang belum punya kos-kosan

3. Pegawai/karyawan berkantong cekak yang dinas atau lagi pelatihan dari luar kota

4. Pedagang yang kulakan ke pasar baru (kemana aja deh..)

5. dll..pokoknya banyak banget tuh..

Trus promosinya gimana..hmmm..pasang aja pamflet dikampus2 ato dilokasi strategis, tapi kalo murah itu pasti dari mulut ke mulut jadi andalan deh..

Tapi sarannya kos-kosanya ga boleh pake yang ga baik yach.. rejekinya ga akan barokah lho..

Ahh udah ah, segitu dulu ide bisnisnya….kalo mo tau lengkapnya.. silahkan aja tanya ama Udanya Mietha..Uda punya itung-2an kelayakannya tuh..

hayooo…gimanaaaa..bingung ya…? hi hi hi..

Entry Filed under: Ide Bisnis. .
http://mietha.wordpress.com/2008/05/25/ide-6-kos-kosan-harian/